Sunday, October 05, 2008

aku hanya sekali


aku terus mancari…
arti diriku, makna keberadaanku di atas bumi
peranku sebagai manusia dan juga sebagai pribadi
aku mencari ke tempat mentari terbit hingga ke negeri mentari terakhir tenggelam
aku ada dimana keberadaanku diinginkan dan kedatanganku ditunggu
kadang aku menyesaki tempat dimana tak seharusnya aku berada
di tempat dimana tak seharusnya aku berdiri
kadang aku merasa hidupku hanya untuk diriku
keberadaanku hanya untuk diriku
tapi apa makna terdalam yang dapat digali dari manusia seperti aku
pengharapan terbesar apa yang dapat aku berikan bahkan untuk diriku sendiri
aku hanya penunggu waktu
bagai pohon yang berdiri di atas tanah rapuh
berakar serabut dan menunggu tumbang
bahkan aku tak seperti pohon pisang
walaupun sekali hidup tapi dapat beranak pinak
aku hanya sekali…
sel diriku tak dapat membelah
tak ingin membelah atau tak siap membelah
aku telah berusaha membelahkan diri
dan sekarang aku sedang tidak dalam masa berusaha lagi
pernah dulu dan gagal
belahan itu menyisa dalam dada
dan dengan sekuat tenaga aku menyebutnya bukan luka
walaupun jelas-jelas itu adalah sebuah luka yang menganga
tapi bukankah setiap manusia mempunyai lukanya sendiri-sendiri
dan kadang kita terlalu mendramatisir luka itu
padahal itu tak sedalam yang kita kira
luka itu datang dengan caranya
dan dia sembuh dengan caranya pula
malam ini aku tak ingin tidur karena memang tak mengantuk
tak ingin bersusah hati karena kurasa sudah cukup
tak ingin tertawa karena tak ada yang pantas membuat kutertawakan
tak ingin tampak bersedih karena tak ada guna
malam ini hanya aku dan malam
hanya aku dan laptop ini
hanya aku dan segala hal di sekelilingku
aku hanya merasakan sepi seperti ini
sepi di tempat yang paling aku cintai
sepi dimana aku bisa meringkuk kesepian dalam kesenangan
dapat merasakan aroma masa lalu dan masa datang berkumpul menjadi satu
makna diri…
kekhawatiran…
rasa iri…
kegagalan…
bukan harapan…
aku hari ini,
dan esok entah apa lagi…

2 comments:

Anonymous said...

wahhh gw bangetttt ... T_T

awang said...

eric, thanks for the comment...